Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Main Author: Ali, Muh. Hafidz Syaifullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/1/Skripsi_1701046053%20_M_Hafidz_Syaifullah_Ali.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/
ctrlnum 16972
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/</relation><title>Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara</title><creator>Ali, Muh. Hafidz Syaifullah</creator><subject>307 Communities</subject><subject>362 Social welfare problems and services</subject><description>Hal ini berarti pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam memberikan layanan pendidikan bagi warga masyarakat. Pendidikan non formal berupa Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan dan berguna bagi setiap orang atau sekelompok masyarakat di desa atau kota, dalam rangka meningkatkan minat baca dan mewujudkan masyarakat berbudaya baca.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 2). Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dan untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing/verification. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yakni 1). Sosialisasi RBI terhadap masyarakat. 2). Adanya partisipasi dari masyarakat. 3). Memberikan motivasi dan dukungan kepada masyarakat. 4). Meningkatkan pemahaman dan wawasan melalui minat membaca. 5). Memberikan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. 6). Memberikan lahan RBI sebagai tempat belajar dan peningkatan skill masyarakat melalui komunitas Rumah Belajar Ilalang. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yaitu 1). Adanya peningkatan keterampilan yang dirasakan oleh masyarat. 2). Mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh di RBI. 3). Terbantu dalam peningkatan pendidikan yang lebih baik. 4). Meningkatnya minat membaca anak dan remaja. 5). Peningkatan ekonomi masyarakat di desa Kecapi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara.</description><date>2022-06-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/1/Skripsi_1701046053%20_M_Hafidz_Syaifullah_Ali.pdf</identifier><identifier> Ali, Muh. Hafidz Syaifullah (2022) Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>16972</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ali, Muh. Hafidz Syaifullah
title Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara
publishDate 2022
isbn 9781701046054
topic 307 Communities
362 Social welfare problems and services
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/1/Skripsi_1701046053%20_M_Hafidz_Syaifullah_Ali.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972/
contents Hal ini berarti pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam memberikan layanan pendidikan bagi warga masyarakat. Pendidikan non formal berupa Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan dan berguna bagi setiap orang atau sekelompok masyarakat di desa atau kota, dalam rangka meningkatkan minat baca dan mewujudkan masyarakat berbudaya baca.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 2). Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dan untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yakni 1). Sosialisasi RBI terhadap masyarakat. 2). Adanya partisipasi dari masyarakat. 3). Memberikan motivasi dan dukungan kepada masyarakat. 4). Meningkatkan pemahaman dan wawasan melalui minat membaca. 5). Memberikan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. 6). Memberikan lahan RBI sebagai tempat belajar dan peningkatan skill masyarakat melalui komunitas Rumah Belajar Ilalang. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yaitu 1). Adanya peningkatan keterampilan yang dirasakan oleh masyarat. 2). Mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh di RBI. 3). Terbantu dalam peningkatan pendidikan yang lebih baik. 4). Meningkatnya minat membaca anak dan remaja. 5). Peningkatan ekonomi masyarakat di desa Kecapi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara.
id IOS2754.16972
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:12Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:12Z
recordtype dc
_version_ 1765821676806733824
score 17.538404