Efektifitas model scramble dan word square terhadap keberhasilan belajar peserta didik pada SKI materi pokok masa remaja Nabi Muhammad kelas III MI Al Khoiriyyah Semarang tahun 2013-2014
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas efektivitas model scramble dan word square terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Kajiannya dilatar belakangi oleh sulitnya peserta didik untuk memahami materi tentang masa remaja Nabi Muhammad. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hasil penerapan model scramble dan word square pada pelajaran SKI materi pokok masa remaja Nabi Muhammad kelas III MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang? (2) Apakah ada perbedaan kelas eksperimen yang menggunakan model scramble dan word square dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model scramble dan word square terhadap peningkatan keberhasilan belajar mata pelajaran SKI materi pokok kelahiran Nabi Muhammad kelas III MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang? permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MI Al- Khoiriyyah 2 Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sumber data. Datanya diperoleh dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Semua data di analisis dengan menggunakan uji analisis instrumen, analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Kajian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran scramble dan word square memberikan hasil positif terhadap cara belajar peserta didik dan hasil belajarnya. Peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan itu terlihat dalam antusias dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Di samping itu, model scamble dan word square juga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (2) Kelas eksperimen yang menggunakan model scramble dan word square dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model scramble dan word square terdapat perbedaan terhadap peningkatan keberhasilan belajar mata pelajaran SKI materi pokok kelahiran Nabi Muhammad kelas III MI Al-Khoiriyyah 2 Semarang. Hal ini bisa terlihat dalam hasil belajar yang didapat peserta didik yaitu post test, bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 81,250 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67,188.