Pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Main Author: Miftah, Zulfa Naafiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/1/Skripsi_1501016011_Zulfa_Naafiatul_Miftah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/
ctrlnum 16914
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/</relation><title>Pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang</title><creator>Miftah, Zulfa Naafiatul</creator><subject>297.74 Dakwah</subject><subject>616 Diseases</subject><subject>794 Indoor games of skill</subject><description>Zaman sekarang ini banyak teknologi baru bermuculan salah satunya game. Game yang dimainkan oleh kebayakan orang adalah game yang berkonten kekerasan. Tingginya intensitas gamer dalam memainkan sebuah game menyebabkan gamer mengalami hambatan dan kekalahan saat bermain game. Kegagalan dalam bermain game memunculkan perilaku-perilaku agresif baik secara verbal maupun non verbal. Pengalaman bermain game ini akan mempengaruhi pikiran, perilaku, emosi remaja yang memainkannya. Dampak dari game tersebut, dapat memicu remaja berperilaku agresif, yaitu perilaku melukai orang lain atau merusak benda disekitar.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi yaitu penelitian yang melihat pengaruh antara vriabel, dua atau lebih variabel yang diteliti untuk melihat hubungan yang terjadi untuk merubah atau mengadakan perlakuan terhadap variabel-varibel tersebut. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi UIN Walisongo Semarang Selain itu teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai R square sebesar 0,115. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan (X) terhadap perilaku agresif (Y) sebesar 11,5% dan perilaku agresif dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui sebesar 88,5% sehingga ada pengaruh yang sangat signifikan.</description><date>2022-06-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/1/Skripsi_1501016011_Zulfa_Naafiatul_Miftah.pdf</identifier><identifier> Miftah, Zulfa Naafiatul (2022) Pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>16914</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Miftah, Zulfa Naafiatul
title Pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang
publishDate 2022
isbn 9781501016011
topic 297.74 Dakwah
616 Diseases
794 Indoor games of skill
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/1/Skripsi_1501016011_Zulfa_Naafiatul_Miftah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16914/
contents Zaman sekarang ini banyak teknologi baru bermuculan salah satunya game. Game yang dimainkan oleh kebayakan orang adalah game yang berkonten kekerasan. Tingginya intensitas gamer dalam memainkan sebuah game menyebabkan gamer mengalami hambatan dan kekalahan saat bermain game. Kegagalan dalam bermain game memunculkan perilaku-perilaku agresif baik secara verbal maupun non verbal. Pengalaman bermain game ini akan mempengaruhi pikiran, perilaku, emosi remaja yang memainkannya. Dampak dari game tersebut, dapat memicu remaja berperilaku agresif, yaitu perilaku melukai orang lain atau merusak benda disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi yaitu penelitian yang melihat pengaruh antara vriabel, dua atau lebih variabel yang diteliti untuk melihat hubungan yang terjadi untuk merubah atau mengadakan perlakuan terhadap variabel-varibel tersebut. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi UIN Walisongo Semarang Selain itu teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan intensitas bermain game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai R square sebesar 0,115. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa pengaruh intensitas bermain game berkonten kekerasan (X) terhadap perilaku agresif (Y) sebesar 11,5% dan perilaku agresif dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui sebesar 88,5% sehingga ada pengaruh yang sangat signifikan.
id IOS2754.16914
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2023-02-24T21:14:11Z
last_indexed 2023-02-24T21:14:11Z
recordtype dc
_version_ 1765821676603310080
score 17.538404