Pengaruh penggunaan metode menghitung cepat dengan perkalian silang dalam pembelajaran matematika materi pokok penjumahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V semester II MI I’anatussibyan Mangkang Kulon Semarang
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode menghitung cepat dengan perkalian silang pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : “apakah metode menghitung cepat dengan perkalian silang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan peserta didik kelas V semester II MI I’anatussibyan Mangkang Kulon Semarang ?” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 43, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas V A yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas V B yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Peserta didik kelas VI sebagai kelas uji coba soal dengan jumlah peserta didik 42. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan menggunakan data dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan metode menghitung cepat dengan perkalian silang adalah 75,68, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode konvensional adalah 55,71. berdasarkan hasil uji komparasi (uji t-test) yang diperoleh bahwa thitung = 3,441 dan ttabel = 1,68 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan antara penggunaan metode menghitung cepat dengan perkalian silang dengan metode pecahan konvensional. Demikian pembelajaran yang menggunakan metode menghitung cepat dengan perkalian silang efektif daripada pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para tenaga pendidik. Dan diharapkan menjadi bahan pengalaman peserta didik untuk dapat menerapkan metode menghitung cepat dengan perkalian silang pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.