Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas hubungan antara kedisiplinan peserta didik dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kedisiplinan peserta didik kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X semester genap di M.A. Hidayatus Syubban Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013? (3) Adakah korelasi antara kedisiplinan peserta didik dengan hasil belajar pada mata pelajaran biologi siswa kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sumber data primer yaitu seluruh peserta didik kelas X M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 68 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel X yaitu kedisiplinan peserta didik, dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel Y yaitu hasil belajar pada mata pelajaran biologi siswa kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan atanalisis kualitatif selanjutnya teknik statistik, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kedisiplinan peserta didik kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori “kurang”, karena jumlah paling banyak yaitu 30 siswa, masuk pada rentangan nilai antara 51 – 65. 2. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori “kurang” karena jumlah paling banyak yaitu 56 siswa, masuk pada rentang nilai antara 75 – 81. 3. Pada uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment, dari analisis tersebut dapat diketahui ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan peserta didik dan hasil belajar pada mata pelajaran biologi siswa kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dari uji rxy = 0,639 dan diperoleh thitung = 6,802. Kemudian, nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,671 dan nilai ttabel 1% = 2,390. Berdasarkan nilai tersebut, dapat dijelaskan bahwa thitung ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya (6,802 > 2,390) dan (6,802 > 1,671). Berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas X di M.A. Hidayatus Syubban Semarang tahun pelajaran 2012/2013.