Pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap rasa ingin tahu dan penguasaan konsep materi bangun ruang sisi datar

Main Author: Mukarromah, Laeli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16627/1/1708056085_Laeli%20Mukarromah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20LAELI%20MUKARROMAH%201708056085.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16627/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu dan penguasaan konsep siswa MTs Nurul Hikmah Barupring yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap rasa ingin tahu materi bangun ruang sisi datar dan pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap penguasaan konsep materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Sampel pada penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sampel berjumlah 30 siswa, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan uji-t untuk tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian untuk rata - rata rasa ingin tahu siswa diperoleh thitung = 2,321 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh terhadap rasa ingin tahu, kemudian untuk rata - rata penguasaan konsep siswa diperoleh thitung = 2,092 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.