Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan metode Index Card Match (ICM) pada materi pokok menerjemahkan surat Al-Qadr dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sumurejo Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2012/2013. (2) Apakah penerapan metode Index Card Match (ICM) pada materi pokok menerjemahkan surat Al-Qadr dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Negeri Sumurejo Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas V MI Negeri Sumurejo Gungungpati Kota Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Negeri Sumurejo Gunungpati Kota Semarang dengan populasi 174 peserta didik. Subyek yang diteliti adalah peserta didik pada kelas V yang berjumlah 22 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match yaitu dengan cara menjodohkan kartu secara berpasangan, satu pasang berisi pertanyaan dan satu lagi bertuliskan jawaban. Model ini menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap prasiklus dan siklus I. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai presentase 54,54% dan rata-rata tes akhir 71,45. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan, prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi 72,72% dan rata-rata tes akhir 73,92. Untuk perbaikan maka dilanjutkan siklus II, dalam siklus II terdapat peningkatan mejadi 100% dengan rata-rata 78,00. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Index Card Match. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.