Pengembangan modul bercirikan literasi sains pada materi suhu dan kalor kelas VII SMP/MTs
Main Author: | Dewi, Muizzatul Wakhidah Fitriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16523/1/1608066061_MuizzatulWFD_LengkapTugasAkhir%20-%20Muizzatul%20WakhidahFD.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16523/ |
Daftar Isi:
- Modul merupakan bahan ajar yang digunakan siswa dan guru untuk membantu pembelajaran yang berlangsung. Tujuan pengembangan modul ini agar siswa gemar membaca dan mudah memahami materi dengan cara berliterasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) mengacu pada model Borg and Gall 10 langkah yang sudah disederhanakan menjadi 6 langkah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil validasi modul aspek materi mendapatkan persentase rata-rata 86,63% dan aspek media dengan rata-rata 87,99% dengan kategori sangat valid. Pengujian skala kecil dengan 15 siswa memperoleh skor rata-rata 4,6 dari skor maksimal 5. Hasil persentase rata-rata 15 siswa yaitu 90,93%. Modul ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar materi suhu dan kalor.