Pengembangan modul elektronik berbantuan sigil software berbasis model pembelajaran ARIAS untuk peningkatan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi

Main Author: Augustina, Hanna Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16521/1/1608066046_Hanna_Full%20Skripsi%20-%20widya%20hanna.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16521/
Daftar Isi:
  • Menurunnya motivasi belajar siswa selama darurat COVID-19 karena melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) melatarbelakangi jalannya penelitian dan pengembangan ini. Salah satu faktor menurunnya motivasi belajar siswa adalah tidak tersedianya sumber belajar mandiri yang menunjang keterlaksanaan proses pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan modul elektronik berbantuan Sigil Software berbasis model pembelajaran ARIAS yang dapat membantu siswa mengikuti pembelajaran dan bisa meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul elektronik berbantuan Sigil Software berbasis model pembelajaran ARIAS pada materi gelombang bunyi serta mengetahui efektivitas dan kelayakan modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan plomp. Persentase kelayakan Modul elektronik yaitu 86%. Hasil dari penelitian terdapat 25 siswa dengan persentase 89,3% dalam kategori motivasi belajar sangat baik dan 3 siswa lainnya dalam kategori baik sebesar 10,7%. Analisis uji t yang menunjukkan〖 t〗_hitung> t_tabel, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul elektronik efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.