Pengembangan media pembelajaran fisika materi seri – paralel resistor berbasis arduino kelas XII SMA

Main Author: Anwar, Muhammad Badril
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16519/1/1608066012_Muhammad%20Badril%20Anwar_full%20skripsi%20-%20Muhammad%20Badril%20Anwar.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16519/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yang ini yaitu mengembangankan media pembelajaran Fisika materi seri – paralel resistor berbasis Arduino. Peneliti menggunakan Metode penelitian dan pengembangan atau R&D(research and development) yang memiliki tahapan berupa studi pendahuluan, perencanaan, pembuatan alat, validasi alat, perbaikan alat, uji lapangan, perbaikan alat, dan hasil akhir alat. Subjek uji coba dalam penelitan yang dilakukan peneliti yaitu siswa kelas XI dan XII MIPA MA Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, angket dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Insrumen penelitian berupa lembar validasi ahli dan lembar respon peserta didik, dengan hasl penlitian diperoleh nilai 93,06% pada uji validasi materi, 88,33% pada uji validasi media, 91,67% pada uji validasi modul, ketiga uji validasi tersebut masuk dalam hasil sangat layak, Uji lapangan awal ditujukan ke kelas XII dengan mendapat nilai rata-rata 1,76 dan persentase kelayakan 87,86%. Uji lapangan terbatas setelah perbaikan KIT praktikum dan mendapat hasil nilai nilai rata-rata 1,88 dengan persentase kelayakan 94,00%, berkategori sangat layak. KIT praktikum ini berimplikasi pada proses pemahaman peserta didik yang kurang faham jika dijelaskan menggunakan teorinya.