Pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli makanan halal di kalangan mahasiswa UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Anjassyafara, Risyaldi Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16503/1/Skripsi_1705026156_Risyaldi_Candra_A.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16503/ |
Daftar Isi:
- Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang harus ada dalam kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Namun, hukum Islam tidak mengizinkan umat Islam sendiri untuk memakan semuanya. Hukum Islam menetapkan proses memutuskan apakah akan makan atau mengizinkan makanan, atau mengizinkan makanan (halal). Halal awareness (kesadaran halal) diartikan dengan pemahaman umat Muslim mengetnai pengetahuan dan pemahaman isu halal. Serta adanya sertifikasi halal (halal certification) membuahkan umat Muslim menjadi sadar dengan makanan yang dimakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan halal certification terhadap minat beli makanan halal pada mahasiswa milenial UIN Walisongo Semarang dalam pembelian makanan halal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian survey menggunakan kuesioner sebagai sarananya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Penggunaan sampel mengambil responden sebanyak 98 sampel. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan berbagai alat uji seperti uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas). Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Peneliti menemukan hasil sebagai berikut: Pertama halal awareness memiliki pengaruh regresi terhadap minat beli dengan nilai 0,391 dan signifikansi sebesar 0,006. Kedua halal certification memiliki pengaruh pada minat beli dengan regresi nilainya 0,566 dan signifikansi sebesar 0,000. Ketiga halal awareness dan halal certification secara bersamaan mempunyai pengaruh dalam minat beli dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y= 4,327 + 0,391 + 0,566.