Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs
Main Author: | Shofiya, Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16463/1/1403066059_Dina%20Shofiya_Full%20Skripsi%20-%20Dina%20Shofiya.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16463/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap modul IPA fisika berbasis sains dan Islam pada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan pada penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Peneliti membatasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan produk sampai pada tahap uji coba skala kecil. Uji coba skala kecil dilaksanakan oleh 10 siswa MTs Miftahul Huda Ujungwatu Donorojo Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data kualitatif merupakan data berupa komentar dan saran atau masukan dari tim ahli, sedangkan data kuantitatif merupakan data berupa skor (persentase).Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul fisika ini layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor penilaian ahli materi 3,6 dan persentase kelayakan 90,2% dengan kategori sangat baik, rata-rata skor penilaian ahli media 3,6 dan persentase kelayakan 89,1% dengan kategori sangat baik, dan rata-rata skor dari respon siswa 3,7 dan persentase 91,1% dengan kategori sangat baik.