Manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja

Main Author: Faidah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16444/1/1603036056_Nur%20Faidah_Skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16444/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena pada zaman sekarang ini banyak terjadi penyimpangan perilaku sosial pada diri remaja. Seperti yang marak terjadi saat ini antara lain tawuran antar pelajar, kerusakan lingkungan, dan lain sebagainya. Problematika di atas tidak cukup jika hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas saja. Berangkat dari permasalahan tersebut SMP N 1 Boja memfasilitasi kegiatan tambahan di luar jam pelajaran yang bersifat edukatif, yaitu kegiatan ekstrakurikuler pramuka, untuk menunjang kegiatan tersebut maka diperlukan manajemen kesiswaan yang baik, sehingga dapat mengatur bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pramuka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja adalah mengadakan rapat bersama untuk membahas hal-hal seperti: penyusunan kegiatan, penjadwalan serta pengalokasian waktu kegiatan, dan sistem evaluasi peserta didik. (2) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan baik. Penyusunan kegiatan sudah berjalan sesuai panduan pengembangan diri dan ekstrakurikuler, penjadwalan dan alokasi waktu kegiatan juga sudah sesuai dengan program pramuka, dan sistem evaluasinya menggunakan 3 jenis tes. (3) Evaluasi manajemen kesiswaan dalam mengoptimalkan kegiatan pramuka di SMP N 1 Boja berjalan optimal. Kegiatan pramuka memberi dampak positif sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi siswa.