Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi
Main Author: | Furaeda, Anik Jihan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16433/1/1708076061_Anik%20Jihan%20Furaeda_Full%20Skripsi%20-%20Anik%20Jihan%20Furaeda%20UIN%20Walisongo.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16433/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran POE terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI MIPA SMA Pondok Modern Selamat Kendal di masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambil sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran POE dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi laju reaksi . Dibuktikan dengan hasil uji kesamaan dua rata-rata kemampuan hasil belajar peserta didik pada taraf signifikansi (Sig.) 0,05 atau 5% didiapatkan nilai (sig) 0,006. Rata-rata nilai N-Gain kelas ekperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang.