Pengembangan LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi Asam Basa

Main Author: Shaumi, Zia Nujunda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16422/1/1708076015_Zia%20Nujunda%20Shaumi_Full%20Skripsi%20-%20zia%20nujunda.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16422/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena kurangnya bahan ajar, serta kemampuan literasi informasi di MA Amanatul Ummah 02. Berdasarkan hasil sebaran angket yang diisi oleh beberapa peserta didik MA Amanatul Ummah 02 menunjukan bahwa sebanyak 76,5% peserta didik menggunakan internet sebagai sumber belajar. Namun, sebanyak 64,7% peserta didik menyatakan belum bisa memilih sumber belajar yang valid dan relevan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa serta mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan guru terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. Penelitian pengembangan ini dilakukan sampai tahap pengembangan, dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Bahan ajar yang dihasilkan berupa LKPD yang berisi materi asam basa serta kegiatan-kegiatan peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing yang disertai dengan link artikel sebagai upaya untuk meningkatkan literasi informasi peserta didik. Kelayakan LKPD dinilai oleh validator ahli. Ketertarikan dan kepraktisan LKPD dinilai oleh respon peserta didik dan guru. Hasil uji validasi oleh ahli sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon peserta didik dan guru mendapatkan kategori sangat tertarik dan sangat praktis dengan persentase berturut-turut sebesar 92% dan 91%. Berdasarkan hasil penilaian, LKPD berbasis literasi informasi melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi asam basa sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.