Peran Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum dalam peningkatan mutu pendidikan agama islam pada anak di Kedungrejo Rembang

Main Author: Asma, Shofiyyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16420/1/1703016029_Shofiyyatul%20Asma_Full%20Skripsi%20-%20Shofiyyatul%20Asma.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16420/
Daftar Isi:
  • Madrasah Diniyah sangat menjamur di masyarakat karena merupakan sebuah kebutuhan pendidikan anak. Pemahaman agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi cita-cita dasar dari Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah merupakan bagian dari pendidikan keagamaan yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan nasional. Keberadaan Madrasah Diniyah sangatlah penting dipertahankan karena perannya sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan ketuhanan kepada generasi milenial penerus bangsa di masyarakat untuk bisa tumbuh menjadi insan yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: (1) Bagaimanakah peran Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada anak di Kedungrejo Rembang. (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada anak di Kedungrejo Rembang. Peran Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada anak di Kedungrejo Rembang adalah: (1) Menambah wawasan imu pengetahuan agama Islam pada anak. (2) Sebagai pembentukan akhlakul karimah pada anak. (3) Untuk melengkapi Pendidikan Agama Islam di sekolah Umum. (4) Madrasah Diniyah membantu dalam menjaga tradisi keagamaan (5) Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum mengatasi kesulitas baca tulis Al-Qur’an. Faktor pendukung Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada anak di Kedungrejo Rembang adalah: ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, adanya dukungan dari masyarakat serta pihak yang terkait, adanya kerjasama dan motivasi para guru dalam menunjang berjalannya suatu kegiatan pembelajaran, adanya dana untuk menunjang berjalannya kegiatan dan peserta didik diwajibkan untuk mempunyai kitab sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum adalah: kurangnya dorongan penuh dari orang tua, faktor tenaga pendidik yang tidak memiliki kriteria khusus bagi para pendidik, pengaruh perkembangan teknologi yang semakin canggih, terbatasnya waktu pembelajaran di kelas, faktor kurangnya motivasi peserta didik