Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi Kesetimbangan Kimia kelas Xl MA Riyadlotut Thalabah Sedan
Main Author: | Rahmawati, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16417/1/1608076058_Dwi%20Rahmawati_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dwi%20Rahmawati%20%282%29.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16417/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru dalam penyampaian sebuah materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan (2) mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan .Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R & D) dari Borg & Gall meliputi empat tahap yang dimodifikasi dari prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Research and information collecting (pencarian dan pengumpulan data), (2) Planning (perencanaan), (3) Develop preliminary form of product (mengembangkan bentuk produk awal), (4) Preliminary field testing (uji coba lapangan awal). Subjek dari penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan. Hasil uji kualitas multimedia menunjukan bahwa multimedia masuk dalam kategori valid oleh validator materi dan validator media dengan nilai koefisien Aiken’s V sebesar 0,82. Hasil respon angket tanggapan peserta didik terhadap kualitas multimedia pembelajaran dengan kategori sangat baik pada persentase 83,3%. Berdasarkan data tersebut, multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dinyatakan layak untuk digunakan.