Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan menulis karangan pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara

Main Author: Husna, Lina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16409/1/1703096119_LINA%20HUSNA_FULL%20SKRIPSI%20-%20Lina%20Husna.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16409/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kesulitan menulis karangan pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Hal ini dikarenakan tidak adanya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa tidak memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media puzzle berpengaruh terhadap pemahaman konsep menulis karangan di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di MI Sabilul Ulum dengan subjek penelitian sebanyak 43 siswa yang terbagi dalam 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan bentuk desain Control-Group Pretest-Posttest Design. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi biserial diperoleh thitung = 14,9 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 sebesar 2,105, maka rhitung>rtabel yang artinya terdapat korelasi antara penerapan media komik terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan perhitungan di atas, ternyata harga t hitung lebih besar dari pada t tabel pengganti (14,9 > 2,105). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, jadi kesimpulannya terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan pada pembelajaran tematik setelah penggunaan media puzzle siswa kelas IV MI Sabilul Ulum Mayong Jepara.