Efektivitas home visit terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI kelas IV pada masa pandemi Covid-19 di MI Matholiul Huda Labuhan Kidul Sluke Rembang

Main Author: Awaliyah, Hidayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16401/1/1703096084_HIDAYATUL%20AWALIYAH_TUGAS%20AKHIR.docx%20-%20Hidayatul%20Awaliyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16401/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode Home Visit terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI kelas IV pada masa pandemi covid-19 di MI Matholiul Huda Labuhan Kidul Sluke Rembang. Efektivitas ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan control. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa, dan dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen 14 siswa dan kelas kontrol 14 siswa. Tektik pengumpulan data yang dialakukan yaitu dengan dokumentasi, angket (kuesioner) dan tes. Analisis data menggunakan Independent Sample T-test. Rata-rata akhir efektivitas home visit terhadap motivasi belajar peserta didik dari kelas eksperimen 75 sedangkan nilai kelas kontrol yaitu 68,92 dan dibuktikan dengan uji-t dengan hasil yang diperoleh yaitu t_hitung = 2,109 dan nilai t_tabel = 2,056. t_hitung > t_tabel dengan α = 5% dengan dk-2 = 14+14-2= 26. Maka H_a : μ_1≠ μ2 diterima dan H_o : μ_1= μ2 ditolak, dan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,45 yang artinya < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas IVA dengan kelas IVB. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode home visit efektif terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas IV pada masa pandemi covid-19 di MI Matholiul Huda Sluke.