Pengaruh model pembelajaran koorperatif tipe scrambel terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MI I'anataussibyan Mangkang Kulon Semarang tahun ajaran 2021/2022

Main Author: Millati, Fiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16398/1/1703096082_%20fiki%20millati_Full%20Skripsi%20-%20Fiki%20Millati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16398/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble tehadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkan kulon Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain penelitan yang digunakan yaitu one-group pretest posttest design.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes berbentuk soal menjodohkan.Analisis yang digunakan adalah uji t.Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 402,5 sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung >ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunan model scramble terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkang Kulon Semarang. Berdasarkan nilai yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum dan sesudah dikenai perlakuan yaitu pretest 49,64 dan posttest 73,636 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap penggunaan model scrambel tehadap pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI I’anatussibyan Mangkan kulon Semarang tahun ajaran 2021/2022