Hubungan antara literasi (digital dan sains) dengan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA Negeri 16 Semarang selama pandemi Covid-19

Main Author: Yusuf, Andi Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16320/1/Skripsi_1708086035_Andi_Muhamad_Yusuf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16320/
Daftar Isi:
  • Literasi digital dan literasi sains sangat diperlukan dalam dunia pendidikan sebagai upaya untuk menjadikan siswa memiliki kemampuan abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara literasi digital dan literasi sains dengan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA N 16 Semarang selama pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi siswa kelas X1 SMA N 16 Semarang. Teknik pengambilan sampel sampling jenuh. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisioner untuk variabel literasi digital dan tes untuk literasi sains dan hasil belajar kognitif biologi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua mengunakan korelasi Product Moment, dan untuk hipotesis ketiga mengunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan : 1. Hubungan antara literasi digital dengan hasil belajar kognitif biologi positif dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,37 ˂ 0,05, besar nilai korelasi 0,273 (korelasi lemah). 2. Hubungan antara literasi sains dengan hasil belajar kognitif biologi positif dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,00 ˂ 0,05, besar nilai korelasi 0,451 (korelasi sedang). 3. Hubungan antara literasi digital dan literasi sains secara bersama-sama dengan hasil belajar kognitif biologi posititf dan signifikan, dengan nilai signifikansi 0,00 ˂ 0,05, besar nilai korelasi 0,474 (korelasi sedang).