Manajemen kurikulum mata pelajaran agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam di MTs Negeri 02 Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Manajemen kurikulum Mata Pelajaran Agama di Madrasah MTs Negeri 02 Semarang. 2). Manajemen kurikulum Mata Pelajaran Agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya islam di MTs Negeri 02 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi ,dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum mata pelajaran Agama sudah berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, sehingga dalam manajemen kurikulum pendidikan Agama Islam berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam di MTs Negeri 02 yaitu menjadi generasi khaira ummah. Kurikulum PAI menggunakan kurikulum KTSP Dalam pembelajaran di kelas guru cukup banyak menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dan disesuaikan dengan yang ada. Upaya dalam mengembangkan budaya Islam MTs Negeri 02 Semarang dengan cara menyusun RPP yang sesuai dengan kurikulum madrasah, melaksanakan pelatihan bagi guru agar mampu melaksanakan KBM dengan efektif dan efisien dan mengadakan ekstrakurikuler seperti rebana, BTA, Drumband, pidato bahasa arab dan inggris supaya siswa menjadi generasi khaira ummah. Kurikulum mata pelajaran Agama di MTs Negeri 02 Semarang sudah terperinci ke dalam beberapa mata pelajaran antara lain akidah Akhlak, Quran hadist, SKI, Bahasa Arab dan BTA. Upaya guru Agama dalam mencapai pengembangan budaya Islam antara lain turut serta merumuskan dan mensosialisasikan budaya Islam, melakukan identifikasi kebutuhan mata pelajaran Agama meliputi kurikulum, ekstrakulikuler dan prestasi belajar siswa, bekerjasama dengan orangtua dan masyarakat dalam proses belajar mengajar yaitu dalam pemberian pengawasan pada peserta didik, dan meninjau kembali program kerja yang telah dilaksanakan. Pencapaian visi dan misi dilakukan juga dengan cara menganalisis sejauh mana pencapaian kurikulum mata pelajaran Agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam serta berusaha mencari input yang berkualitas dengan bekerja sama dengan lembaga madrasah lain untuk akses outputnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, pengelola pendidikan, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.