Representasi nilai-nilai sosial dalam iklan layanan masyarakat "gotong royong menghadapi covid-19" dari Kemenkes RI: analisis semiotika Roland Barthes

Main Author: Rosyid, Ahmad Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16278/1/1401026100_Ahmad%20Nur%20ROSYID_Skripsi%20Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16278/
Daftar Isi:
  • Nilai-nilai sosial adalah nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Dalam iklan layanan masyarakat gotong royong menghadapi Covid-19 dari Kemenkes RI, terdapat nilai-nilai sosial yang tergambarkan dalam kegiatan-kegiatan yang ditampilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika yang teorinya dikemukakan oleh Roland Barthes. Data dalam penelitian ini diperoleh iklan layanan masyarakat yang diunggah dalam akun YouTube resmi milik Kemenkes RI di @Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI, pada tanggal 26 Mei 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam iklan layanan masyarakat gotong royong menghadapi Covid-19 ini terdapat beberapa nilai-nilai sosial yang digambarkan. Nilai-nilai sosial yang terkandung sebagai berikut : Persaudaraan, Peduli Terhadap Sesama, Tolong Menolong, Bekerjasama.