Analisis strategi promosi dalam pemasaran jasa pendidikan di MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati
Main Author: | M. Lutfi, Bachtiar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16231/1/1403036036_Muhammad%20Lutfi%20B_Full%20Skripsi%20-%20Lutfi%20Bachtiar.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16231/ |
Daftar Isi:
- Strategi promosi dalam pemasaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan permasaran produk atau jasa di dalam perusahaan maupun lembaga pendidikan. Sebab, strategi menentukan sasaran dan tujuan pemasaran, sehingga pemasaran akan fokus pada hasil yang diharapkan. Dalam penelitian ini, peneliti medeskripsikan dan menganalisis strategi promosi dalam pemasaran jasa pendidikan di MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati serta hasil dari strategi promosi yang digunakan . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati menggunakan beberapa strategi promosi dalam memasarkan lembaga pendidikannya, yaitu dengan Promosi secara langsung, dilakukan dengan media cetak dan media sosial. Kemudian dengan promosi secara tidak langsung dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, seperti seminar atau pengajian, dan perlombaan. Terakhir yaitu Word of Mouth yaitu promosi melalui informasi dari mulut ke mulut. Berdasarkan analisis, strategi yang paling efektif terhadap peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya adalah strategi secara tidak langsung, seperti melalui kegiatan sosial dan Word of Mouth.