Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang tahun pelajaran 2021/2022

Main Author: Prihatini, Vinda Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16227/1/1803106064_Vinda%20Ayu%20Prihatini_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Vinda%20Ayu%2029.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16227/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang meliputi implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif dan juga mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi permainan ular tangga raksasa. Penelitian ini dilatar belakangi karena masalah perkembangan anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis membuat deskripsi secara faktual, akurat dan sistematis mengenai peristiwa yang sedang diteliti. Penelitian ini difokuskan kepada anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang yang berusia sekitar 5-6 Tahun. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah berhasil dan terbukti bahwa permainan ular tangga raksasa dapat mengembangkan kognitif anak kelompok B, dibuktikan dengan hasil observasi yang telah dilakukan. Hasil kegiatan prasurvey presentase anak yang belum berkembang (BB) sebanyak 7%, mulai berkembang (MB) 40%, berkembang sesuai harapan (BSH) 33%, berkembangan sangat baik (BSB) 20%, dan setelah melakukan pembelajaran menggunakan alat permainan edukatif yang berupa ular tangga raksasa presentase perkembangan kognitif anak menjadi: belum berkembang (BB) 0%, mulai berkembang (MB) 7%, berkembang sesuai harapan (BSH) 47% dan berkembang sangat baik (BSB) 47%. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat Implementasi permainan ular tangga raksasa dalam mengembangkan kognitif anak usia dini kelompok B di RA Harapan Ummi Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Faktor pendukungnya antara lain: tersedianya sarana dan prasarana yang cukup lengkap di RA Harapan Ummi kota Semarang memudahkan peserta didik untuk belajar, penggunaan alat permainan edukatif yang berupa ular tangga raksasa dan dipraktikkan secara langsung, kerjasama antara pendidik dengan orang tua murid untuk membahas mengenai perkembangan anak dan yang menjadi faktor penghambatnya adalah adanya anak yang hiperaktif dan mengganggu teman-temannya yang lain saat bermain.