Meningkatkan kemampuan kognitif mengklasifikasikan benda melalui aktivitas bermain eksplorasi alam pada anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Hidayah IX Karonseh Kec Ngaliyan Kota Semarang tahun 2021

Main Author: Safitri, Maulidha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16210/1/1703106016_Maulidha%20Safitri_Full%20Skripsi%20-%20Maulidha%20Safitri.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16210/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran mengklasifikasikan benda anak usia dini melalui permainan eksplorasi alam pada kelompok B di TK Al-Hidayah IX karonsih, Ngaliyan, Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Al-Hidayah IX Karonsih Ngaliyan Semarang, yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II, dengan masing-masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kamampuan mengklasifikasikan benda dari Siklus I ke Siklus II, peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata pada Siklus I yaitu 51,54 % meningkat pada Siklus II yaitu menjadi 81,1 % terjadi peningkatan 30 % dari Siklus I ke Siklus II. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian sebesar 75 %.