Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush pada kelompok B di TK Al Irsyad Sumberejo Mranggen tahun ajaran 2020

Main Author: Dhakhlia, Irsahana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16204/1/1603106063_IRSAHANA%20DHAKHLIA_FULL%20SKRIPSI%20-%20Irsahana%20Dhakhlia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16204/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh kreativitas melukis anak dengan menggunakan teknik airbrush belum terlaksana dengan baik. Kegiatan di TK Al Irsyad masih menggunakan media lukis konvesional. Kreativitas anak perlu ditingkatkan dengan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Media yang kreatif dan inovatif menjadikan anak mamapu bereksplorasi dan berekspresi menuangkan imajainasinya. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui kegiatan melukis airbrush. Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush pada kelompok B di TK AL Irsyad Sumberejo Mranggen. Penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush Pada Kelompok B di TK Al Irsyad Sumberejo Mranggen Tahun Ajaran 2020 ? Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pesera didik TK Al Irsyad kelompok B yang berjumlah 18 anak 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi. Dengan judul “upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush” Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui kegiatan melukis airbrush dapat meningkatkan kreaivitas anak pada kelompok B di TK Al Irsyad sumberejo Mranggen. Terlihat dari adanya peningkatan prestasi pada setiap tahap siklus nya yaitu pada pratindakan penelitian didapatkan hasil 40,27 %, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata peningkatan kreativitas anak mencapai 60,27%, dan siklus II rata-rata peningkatan kreativitas mencapai 86,66% dengan pencapaian indikator 75%