Optimalisasi metode pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ulum Semarang Tahun 2021
Main Author: | Hidayat, Muhammad Syukron |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16194/1/SKRIPSI%20FULL%20FIX-%20Muhammad%20Syukron%20Hidayat%20-%201503106070%20-%20muhammad%20syukron.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16194/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang tidak hanya mengutamakan aspek kecerdasan intelektual (IQ), tetapi juga mengedepankan aspek emosional (EQ) dan aspek kecerdasan spiritual (SQ). Untuk mendapatkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual diperlukan penanaman nilai-nilai agama Islam. Proses penanaman nilai-nilai Islam menjadi sangat penting bagi siswa untuk mempraktikkan dan membiasakan nilai-nilai agama dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral untuk anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ulum Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode deskripsi melalui studi lapangan yang dilakukan di RA Nurul Ulum. Adapun perolehan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai agama dan moral di RA Nurul Ulum yaitu menggunakan metode pembiasaan, meliputi kegiatan terprogram dan insidental.