Konsep sustainable learning dalam kitab Ta’liim Al Muta’allim Imam Al-Zarnuji dan implementasinya pada pondok pesantren di Kendal

Main Author: Hady., Soufian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16015/1/1600039047_Full%20Disertasi%20-%20zaenal%20UIN%20Walisongo%20Semarang.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16015/
Daftar Isi:
  • Konsep Sustainable Kearning dalam Kitab Ta’liim al-Muta’allim Imam Al-Zarnuji dan Implementasinya pada pondok Pesantren di Kendal. Disertasi Program Doktoral Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Tahun 2019. Penulisan Disertasi ini bertujuan untuk memenuhi Tugas Akademik dan melakukan penyeliaan terhadap metode pembelajaran yang tertuang dalam Kitab Ta’liim al-Muta’allim secara teoritis dan implementasinya ditengah-tengah masyarakat. Untuk mempermudah penyusunan Disertasi ini digunakan metode Sosilogi Paedagogis dengan cara mempertemukan antara teori-teori yang berbasis Kepustakaan dan tindakan observasi langsung pada pondok-pondok pesantren khususnya yang berada di Kabupaten Kendal. Dari perpaduan dua teori tersebut ditemukan bahwa secara teoritis Kitab Ta’liim al-Muta’allim sangat konsern terhadap kontinuitas pembelajaran bagi para santri dan murid khususnya di Pondok-pondok Pesantren di Kabupaten Kendal. Hasilnya, kitab Ta’liim al-Muta’allim masih sangat layak diajarkan kepada para santri dan murid dan dilaksanakan secara berkelanjutan atau continue