Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI terhadap akhlak siswa kelas V SDN Kalisari 3 kecamatan Kradenan kabupaten Grobogan
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI dengan akhlak siswa kelas V SDN Kalisari 3 kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan atau field Research. Data dikumpulkan dari sampel dengan jumlah responden 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angkaet atau kuesioner tertutup untuk memperoleh data variabel X yaitu persepsi siswa tentang kompetensi sosial Guru PAI dan variabel Y akhlak siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru PAI di SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru PAI sebesar 77,95. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori sedang karena berada pada interval 74 – 81. 2. Tingkat akhlak siswa kelas V SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang akhlak siswa sebesar 84,15. Nilai Mean tersebut termasuk dalam kategori sedang karena berada pada interval 80 - 87. 3. Terdapat hubungan yang kuat antara persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru PAI (X) terhadap (Y) Akhlak siswa kelas V SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Hasil analisis data, untuk mengi hubungan antara Persepsi Siswa tentangKompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Aklak Siswa, dengan menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment, maka hasil koefisien korelas r = 0,637. Nilai koefisien tersebut lebih besar dari pada nilai koefisien dari tabel signifikasi pada taraf 1% (rt = 0,403), oleh karena itu hipotesis penelitian menyatakan “ada hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru PAI dengan Akhlak Siswa di SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan” diterima, dengan kata lain, semakin baik persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI, maka semakin baik pula akhlak siswa. Dengan melihat hasil hipotesis variabel diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak (terutama bagi guru dan orang tua wali peserta didik) untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan, bimbingan dan pengarahan terhadap anak-anak peserta didik di SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan, sehingga tujuan untuk membentuk generasi penerus yang beriman dan berperilaku yang baik akan terwujud.