Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh setiap proses belajar membaca dan menulis al-Qur’an membutuhkan minat karena minat dapat menjadikan sebab sesuatu kegiatan dan hasil dari turut sertanya dalam kegiatan itu sendiri. Untuk itu motivasi dari orang tua terhadap anak terutama perhatian dalam proses belajar baca tulis al-Qur’an anak akan menimbulkan minat yang tinggi pada anak terhadap pelajaran tersebut dan pada akhirnya akan menentukan kualitas belajar dari siswa tersebut. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: pengaruh motivasi orang tua terhadap minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 67 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang positif antara motivasi belajar orang tua terhadap minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara motivasi orang tua terhadap minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Mean dari variabel metode diskusi dalam pembelajaran PAI adalah 50,34. Hal ini berarti bahwa motivasi belajar orang tua di SMP Hasanuddin 7 Semarang berada dalam kategori “baik”, yaitu pada interval 49-53. Sedangkan, mean dari variabel minat belajar siswa adalah 52,76 ini berarti minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang berada dalam kategori “baik”, yaitu pada interval 51 – 54. Setelah dilakukan perhitungan dengan analisis regresi, dengan menggunakan rumus skor deviasi. Dari perhitungan anlaisis regresi tersebut, diperoleh Freg = 22.763 sedangkan nilai tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 3.99. Dengan demikian, Freg = 22.763> Ft = 3,99 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh nilai pada tabel adalah Ft = 7,04 dengan demikian Freg = 22.763 > Ft = 7,04. sumbangan motivasi orang tua terhadap minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang sebesar 25.93%, sedangkan selebihnya 64.07% dipengaruhi faktor lain seperti kebutuhan, sikap terhadap objek, tingkat kecerdasan, kesehatan, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan sarana dan pra sarana. Ini berarti nilai yang signifikan, artinya ada pengaruh yang positif antara motivasi orang tua terhadap minat siswa untuk belajar baca tulis al-Qur’an di SMP Hasanuddin 7 Semarang.