Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal

Main Author: Khoiriyah, Hikmatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/
ctrlnum 15710
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/</relation><title>Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal</title><creator>Khoiriyah, Hikmatun</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Pengawasan yang diberikan oleh ibu kepada anak merupakan sikap dalam mengamati dan mengontrol apa yang dilakukan anak. Usaha yang dilakukan oleh ibu untuk memperhatikan dengan baik segala aktivitas anak agar senantiasa terkontrol sehingga anak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya dalam rangka membentuk kepribadian anak. Rendahnya pengawasan dapat menjadikan anak kurang terkontrol dalam setiap kegiatannya, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungannya. Dengan demikian, bisa membawa masalah terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di sekolah.&#xD; Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu adakah pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian menggunakan data sampel berjumlah 67 responden kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi. &#xD; Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,117, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih memang terdapat korelasi namun korelasi tersebut sangat rendah. Persepsi siswa tentang pengawasan ibu memberikan kontribusi sebesar 0,014 atau 1,4 % dalam memengaruhi prestasi belajar Fikih kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R square. Kemudian 98,6 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti bakat, minat, motivasi, pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa di sekolah, segala faktor yang mendukung harus dioptimalkan.</description><date>2020-12-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf</identifier><identifier> Khoiriyah, Hikmatun (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15710</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khoiriyah, Hikmatun
title Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
publishDate 2020
isbn 9781603016063
topic 297.77 Islamic religious education
371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/
contents Pengawasan yang diberikan oleh ibu kepada anak merupakan sikap dalam mengamati dan mengontrol apa yang dilakukan anak. Usaha yang dilakukan oleh ibu untuk memperhatikan dengan baik segala aktivitas anak agar senantiasa terkontrol sehingga anak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya dalam rangka membentuk kepribadian anak. Rendahnya pengawasan dapat menjadikan anak kurang terkontrol dalam setiap kegiatannya, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungannya. Dengan demikian, bisa membawa masalah terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di sekolah. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu adakah pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian menggunakan data sampel berjumlah 67 responden kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,117, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih memang terdapat korelasi namun korelasi tersebut sangat rendah. Persepsi siswa tentang pengawasan ibu memberikan kontribusi sebesar 0,014 atau 1,4 % dalam memengaruhi prestasi belajar Fikih kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R square. Kemudian 98,6 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti bakat, minat, motivasi, pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa di sekolah, segala faktor yang mendukung harus dioptimalkan.
id IOS2754.15710
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:45Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:45Z
recordtype dc
_version_ 1765821670637961216
score 17.538404