Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
Main Author: | Khoiriyah, Hikmatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/ |
ctrlnum |
15710 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/</relation><title>Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal</title><creator>Khoiriyah, Hikmatun</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Pengawasan yang diberikan oleh ibu kepada anak merupakan sikap dalam mengamati dan mengontrol apa yang dilakukan anak. Usaha yang dilakukan oleh ibu untuk memperhatikan dengan baik segala aktivitas anak agar senantiasa terkontrol sehingga anak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya dalam rangka membentuk kepribadian anak. Rendahnya pengawasan dapat menjadikan anak kurang terkontrol dalam setiap kegiatannya, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungannya. Dengan demikian, bisa membawa masalah terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di sekolah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu adakah pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian menggunakan data sampel berjumlah 67 responden kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi. 
Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,117, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih memang terdapat korelasi namun korelasi tersebut sangat rendah. Persepsi siswa tentang pengawasan ibu memberikan kontribusi sebesar 0,014 atau 1,4 % dalam memengaruhi prestasi belajar Fikih kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R square. Kemudian 98,6 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti bakat, minat, motivasi, pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa di sekolah, segala faktor yang mendukung harus dioptimalkan.</description><date>2020-12-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf</identifier><identifier> Khoiriyah, Hikmatun (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15710</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Khoiriyah, Hikmatun |
title |
Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781603016063 |
topic |
297.77 Islamic religious education 371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/1/SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710/ |
contents |
Pengawasan yang diberikan oleh ibu kepada anak merupakan sikap dalam mengamati dan mengontrol apa yang dilakukan anak. Usaha yang dilakukan oleh ibu untuk memperhatikan dengan baik segala aktivitas anak agar senantiasa terkontrol sehingga anak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya dalam rangka membentuk kepribadian anak. Rendahnya pengawasan dapat menjadikan anak kurang terkontrol dalam setiap kegiatannya, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungannya. Dengan demikian, bisa membawa masalah terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di sekolah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu adakah pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian menggunakan data sampel berjumlah 67 responden kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,117, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih memang terdapat korelasi namun korelasi tersebut sangat rendah. Persepsi siswa tentang pengawasan ibu memberikan kontribusi sebesar 0,014 atau 1,4 % dalam memengaruhi prestasi belajar Fikih kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R square. Kemudian 98,6 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti bakat, minat, motivasi, pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa di sekolah, segala faktor yang mendukung harus dioptimalkan. |
id |
IOS2754.15710 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-09-12T06:36:45Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821670637961216 |
score |
17.538404 |