Problematika pembelajaran agama Islam di Panti Asuhan Darul Hadlonah YKMNU Jambearum, Patebon, Kendal

Main Author: Nadhuf, A. Iwanun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15707/1/SKRIPSI_1603016062_A.%20IWANUN_%20NADHIF.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15707/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di panti asuhan Darul Hadlonah YKMNU Jambearum, Patebon, Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan naturalistik, pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu berdimensi jamak, utuh dan merupakan suatu kesatuan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di panti asuhan Darul Hadlonah meliputi problem yang berasal dari anak asuh dan problem yang berasal dari luar anak asuh. Problem yang berasal dari anak asuh diantaranya yaitu sifat dan karakter dari setiap anak asuh yang berbeda- beda, perbedaan individual inilah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dikalangan anak asuh. Kemudian minat serta motivasi anak asuh dalam proses pembelajaran agama Islam di panti asuhan. Sedangkan problem yang berasal dari luar anak asuh terdapat berbagai macam permasalahan yang kompleks. Seperti pengaruh lingkungan sekitar anak asuh, latar belakang keluarga yang tidak sesuai dengan harapan anak asuh dan metode pembelajaran yang digunakan terkadang kurang tepat dengan kondisi anak asuh serta fasilitas sarana prasarana yang masih kurang dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran agama Islam di panti asuhan Darul Hadlonah.