Pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Main Author: Miftahudin, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15703/1/SKRIPSI_1603016051_Muhamad_Miftahudin.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15703/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah, Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) apa sajakah bentuk-bentuk pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah? (2) Bagaimanakah metode pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah? (3) apa sajakah problematika penyelenggaraan pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah?. Pada penelitian ini, jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil bahwa pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota semarang sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari upaya pengasuh dan ustaz dalam memberikan pemahaman kepada setiap anak mengenai pentingnya pendidikan karakter kemandirian, membiasakan anak-anak untuk mandiri melalui kegiatan –kegiatan yang sudah dilaksanakan serta memberikan keteladanan mulai dari berbicara, berperilaku dan berbagai aktivitas untuk menunjang proses pendidikan karakter kemandirian anak. Kemudian pengasuh dan ustaz menggunakan metode Pemahaman, Pembiasaan, dan Keteladanan untuk pendidikan karakter kemandirian anak di panti Asuhan Iskandariyah. Adapun Problematika yang dihadapi panti dalam penyelenggaraan pendidikan karakter kemandirian anak yaitu, pengurus, sarana dan prasarana, dana, guru dan anak.