Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran SKI di MA NU Demak

Main Author: Wafiyah, Hikmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15691/1/SKRIPSI_1603016141_HIKMATUL_WAFIYAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15691/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student facilitator and explaining terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Demak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen bentuk True Experimental Design dengan jenis Posttest only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA NU Demak, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji T-test, hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan post-test yang menunjukka nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining sebesar 72,76 dengan standar deviasi 17,279 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional menghasilkan nilai rata-rata 70,85 dengan standar deviasi 16,402 sehingga analisis diperoleh thitung sebesar 2,130 sedangkan nilai sebesar 2,021 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan data tersebut signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima yaitu “Ada peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran SKI materi Perkembangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Madinah pada kelas X MIPA 2 di MA NU Demak dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining”.