Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Semarang
Main Author: | Istiqomah, Istiqomah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15678/1/SKRIPSI_1603016167_ISTIQOMAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15678/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan (korelasi) yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap perilaku sosial siswa khususnya pada kelas VIII yang menjadi objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang berpedoman pada Sugiyono dan adapun langkah-langkah pengambilan sampel telah diuraikan pada bab 3. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh data nilai siswa. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MTs Darul Ulum Semarang, peneliti mendapatkan data bahwa kompetensi sosial guru tergolong “baik” hal tersebut dapat diketahui pada hasil mean sebesar 85 yang berada pada interval 89 – 85. Perilaku sosial siswa di MTs Darul Ulum Semarang pun tergolong “baik” hal tersebut dapat diketahui pada hasil mean sebesar 61 yang berada pada interval 64 – 60. Analisis uji hipotesis antara variabel X (kompetensi sosial guru) dan variabel Y (perilaku sosial siswa) diperoleh persamaan garis regresi Y ̂ = 32,105 + 0,347X. Hasil Fhitung sebesar 5,266 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,182. Karena Fhitung > Ftabel maka hasil perhitungan diatas menunjukkan adanya hubungan dan signifikansi antara variabel X dan variabel Y pada siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang. Dan untuk mengetahui besar kecilnya hubungan antara variabel X dan variabel Y siswa di MTs Darul Ulum Semarang dapat diwakili oleh besarnya koefisien determinasi yang di notasikan dalam angka r2 adalah sebesar 0,397 atau 15,76 % dan sisanya sebesar 84,24 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.