Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar akidah akhlak di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu
Main Author: | Rahmawati, Nurlaeli Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15660/1/SKRIPSI_1603016060_NURLAELI_EKA_RAHMAWATI%3B.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15660/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MA NU 03 Sunan KatongKaliwungu. Jenis penelitian yakni penelitian penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi-kausalitas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa yang diambil secara acak dari populasi kelas 11 (140 siswa) di MA NU 03 Sunan KatongKaliwungu.Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dilihat dari hasil analisis data, diketahui bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akidah Akhlak di MA NU 03 Sunan KatongKaliwungu. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana diperoleh hasil nilai Fhitungsebesar 4,261 dan taraf signifikansi 5% adalah 4,001, maka Fhitung > Ftabel = 4,261 > 4,001. Nilai determinasi (R Square) sebesar 0,071, artinya kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 7,1%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak,artinya semakin tinggi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, semakin tinggi pula hasil belajar Akidah Akhlak di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu.