Akhlak terhadap guru perbandingan antara peserta didik lulusan SD dan MI di MTs Darul Ulum Semarang

Main Author: Yanti, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15651/1/SKRIPSI_1603016027_FITRI_YANTI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15651/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas perbandingan akhlak terhadap guru antara peserta didik lulusan SD dan MI di MTs Darul Ulum Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 sampai Oktober 2020, dengan objek penelitian pada semua siswa yang MTs Darul Ulum Semarang di Jl. Raya Anyar kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah perbedaan tentang akhlak terhadap guru (perbandingan antara peserta didik lulusan SD dan MI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan akhlak terhadap guru antara peserta didik lulusan SD dan MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik Uji t. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 139 dari populasi 221 dengan pembagian 70 dari peserta didik lulusan SD dan 69 peserta didik dari lulusan MI. Peneliti menggunakan instrument angket untuk mendapatkan data dari variabel X dan variabel Y. Analisis Uji t dalam penelitian ini, hipotesisnya diketahui t hitung sebesar 8,0295 dan dalam tabel distribusi (t tabel) pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,656 yang artinya t hitung > t tabel. Sedangkan t tabel pada taraf 1% sebesar 2,354 yang artinya t hitung > t tabel. Dari perhitungan taraf 5% maupun 1%, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan akhlak terhadap guru perbandingan antara peserta didik lulusan SD dan Lulusan MI di MTs Darul Ulum Semarang. Hasil penelitian tersebut, memberikan saran agar sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan level membimbing akhlak siswa mengingat arus globalisasi yang semakin gencar.