Konsep guru dalam kitab at-Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur’an dan relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 Tahun 2005

Main Author: Musyadad, Muhammad Zaky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/1/SKRIPSI_1603016146_MUHAMMAD%20ZAKY%20MUSYADAD.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/
ctrlnum 15641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/</relation><title>Konsep guru dalam kitab at-Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an dan relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 Tahun 2005</title><creator>Musyadad, Muhammad Zaky</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><description>Dewasa ini banyak sekali permasalahan mengenai rendahnya kualitas guru di Indonesia. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, karena guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan maka kuncinya adalah meningkatkan kualitas guru. Kompetensi guru yang tertuang dalam UU No.14 tahun 2005 merupakan bekal utama yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Akan tetapi tanggung jawab guru pada masa ini menuntut guru tidak hanya memiliki kemampuan profesional tetapi juga harus memiliki nilai-nilai yang mampu membentuk watak dan pribadi peserta didiknya dalam menghadapi dunianya.&#xD; Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemerosotan moral pada siswa yang berdampak pada guru yang dianggap gagal dalam mendidik dan memberi suri tauladan. Maka dari itu penelitian ini akan menela&#x2019;ah kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an yang akan mendeskripsikan mengenai konsep guru menurut Imam Nawawi Al-Dimasyqi dan mencari relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No.14 tahun 2005. &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-faktual (factual approach) dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Data diperoleh melalui studi dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen-dokumen dari sumber data primer. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Penelitian ini menerapkan analisis isi guna mengetahui penafsiran atas konsep guru dalam kitab at- Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, peneliti akan menganalisis relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 tahun 2005. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an dapat diklasifikasikan menjadi 3 aspek yaitu 1); Kriteria dan syarat guru, meliputi: berniat mengharap ridha Allah, ikhlas, jujur, berkompeten dan menghiasi diri dengan akhlak terpuji. 2); Tugas dan tanggung jawab guru, meliputi: memperlakukan murid dengan baik, menasehati murid, dan mendidik murid dengan akhlak mulia secara bertahap. 3); Adab dan kepribadian guru, meliputi: semangat mengajar, tidak mengharap hasil duniawi, dan bersikap lembut dan rendah hati. Sedangkan relevansinya dapat kita lihat dari isi dan tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang guru agar menjadi guru yang baik dan profesional. Konsep guru yang tercantum dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an memiliki pengertian dan isi yang selaras dengan UU No.14 Tahun 2005 tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.</description><date>2021-05-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/1/SKRIPSI_1603016146_MUHAMMAD%20ZAKY%20MUSYADAD.pdf</identifier><identifier> Musyadad, Muhammad Zaky (2021) Konsep guru dalam kitab at-Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur&#x2019;an dan relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 Tahun 2005. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15641</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Musyadad, Muhammad Zaky
title Konsep guru dalam kitab at-Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur’an dan relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 Tahun 2005
publishDate 2021
isbn 9781603016148
topic 297.77 Islamic religious education
371.1 Guru
tenaga pendidikan
(dosen kelaskan di 378.1)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/1/SKRIPSI_1603016146_MUHAMMAD%20ZAKY%20MUSYADAD.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15641/
contents Dewasa ini banyak sekali permasalahan mengenai rendahnya kualitas guru di Indonesia. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, karena guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan maka kuncinya adalah meningkatkan kualitas guru. Kompetensi guru yang tertuang dalam UU No.14 tahun 2005 merupakan bekal utama yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Akan tetapi tanggung jawab guru pada masa ini menuntut guru tidak hanya memiliki kemampuan profesional tetapi juga harus memiliki nilai-nilai yang mampu membentuk watak dan pribadi peserta didiknya dalam menghadapi dunianya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemerosotan moral pada siswa yang berdampak pada guru yang dianggap gagal dalam mendidik dan memberi suri tauladan. Maka dari itu penelitian ini akan menela’ah kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an yang akan mendeskripsikan mengenai konsep guru menurut Imam Nawawi Al-Dimasyqi dan mencari relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No.14 tahun 2005. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-faktual (factual approach) dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Data diperoleh melalui studi dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen-dokumen dari sumber data primer. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Penelitian ini menerapkan analisis isi guna mengetahui penafsiran atas konsep guru dalam kitab at- Tibyan fi Adabi Hamalati Al-Qur’an. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, peneliti akan menganalisis relevansinya terhadap kompetensi guru dalam UU No. 14 tahun 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an dapat diklasifikasikan menjadi 3 aspek yaitu 1); Kriteria dan syarat guru, meliputi: berniat mengharap ridha Allah, ikhlas, jujur, berkompeten dan menghiasi diri dengan akhlak terpuji. 2); Tugas dan tanggung jawab guru, meliputi: memperlakukan murid dengan baik, menasehati murid, dan mendidik murid dengan akhlak mulia secara bertahap. 3); Adab dan kepribadian guru, meliputi: semangat mengajar, tidak mengharap hasil duniawi, dan bersikap lembut dan rendah hati. Sedangkan relevansinya dapat kita lihat dari isi dan tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang guru agar menjadi guru yang baik dan profesional. Konsep guru yang tercantum dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an memiliki pengertian dan isi yang selaras dengan UU No.14 Tahun 2005 tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
id IOS2754.15641
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:44Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821670200705024
score 17.538404