Pengaruh citra lembaga dan kelompok referensi terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs N 3 PATI
Main Author: | Fitria, Anis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15574/1/SKRIPSI_1703036037_Anis_Fitria.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15574/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai faktor perilaku konsumen/pelanggan pendidikan dalam mengambil keputusan memilih sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang pengaruh citra lembaga dan kelompok referensi secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi MTs Negeri 3 Pati. Pengambilan sampel berjumlah 82 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji T (parsial), uji F (simultan), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai thitung variabel citra lembaga sebesar 3,149 dan variabel kelompok referensi memperoleh nilai thitung sebesar 3,150. Hal ini berarti secara parsial variabel citra lembaga dan kelompok referensi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati. Kemudian secara simultan hasil dari nilai uji F adalah sebesar 8,816 > Ftabel 3,112 dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu 0,000. Dengan demikian variabel citra lembaga dan kelompok referensi secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati. Dari hasil penelitian diatas, dapat memberikan acuan bagi pihak sekolah untuk meningkatkan strategi dalam hal promosi agar minat peserta didik bertambah dalam memilih sekolah di MTs Negeri 3 Pati.