Manajemen kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang

Main Author: Dini, Hardianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/1/SKRIPSI_1603036064_DINI_HARDIANTI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/
ctrlnum 15549
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/</relation><title>Manajemen kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang</title><creator>Dini, Hardianti</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><subject>375 Curriculums</subject><description>Penerapan manajemen kurikulum yang baik dan benar akan membantu berjalannya kurikulum itu sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya serta dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perpaduan kurikulum nasional dan kurikulum lokal yang diterapkan dalam kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dengan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih yang pastinya membutuhkan pembinaan yang berbeda dan tidak dapat diberikan perlakuan yang sama dengan peserta didik biasa. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yang meliputi: (1) Perencanaan kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang (2) Pengorganisasian kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang (3) Pelaksanaan kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang, dan (4) Evaluasi kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan menganalisis konteks, kebutuhan, dan mengidentifikasi standar nasional pendidikan, dilanjut dengan pemilihan atau penetapan tujuan dan penentuan strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan. (2) Pengorganisasian dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pembagian tugas dan wewenang oleh tim khusus kepada tim pengembang. Tahap pembagian tugas mengajar. Tahap penyusunan jadwal pelajaran dan beban jam mengajar. Tahap penyusunan jadwal kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (3) Pelaksanaan kurikulum dengan melakukan pembelajaran sesuai prinsip dan model tuntutan kurikulum. (4) Evaluasi kurikulum menggunakan 2 macam evaluasi yaitu evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar melalui penilaian formatif dan sumatif</description><date>2020-11-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/1/SKRIPSI_1603036064_DINI_HARDIANTI.pdf</identifier><identifier> Dini, Hardianti (2020) Manajemen kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15549</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dini, Hardianti
title Manajemen kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang
publishDate 2020
isbn 9781603036061
topic 297.77 Islamic religious education
372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
375 Curriculums
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/1/SKRIPSI_1603036064_DINI_HARDIANTI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15549/
contents Penerapan manajemen kurikulum yang baik dan benar akan membantu berjalannya kurikulum itu sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya serta dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perpaduan kurikulum nasional dan kurikulum lokal yang diterapkan dalam kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dengan potensi peserta didik yang memiliki kemampuan lebih yang pastinya membutuhkan pembinaan yang berbeda dan tidak dapat diberikan perlakuan yang sama dengan peserta didik biasa. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yang meliputi: (1) Perencanaan kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang (2) Pengorganisasian kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang (3) Pelaksanaan kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang, dan (4) Evaluasi kurikulum kelas unggulan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga data tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan menganalisis konteks, kebutuhan, dan mengidentifikasi standar nasional pendidikan, dilanjut dengan pemilihan atau penetapan tujuan dan penentuan strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan. (2) Pengorganisasian dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pembagian tugas dan wewenang oleh tim khusus kepada tim pengembang. Tahap pembagian tugas mengajar. Tahap penyusunan jadwal pelajaran dan beban jam mengajar. Tahap penyusunan jadwal kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. (3) Pelaksanaan kurikulum dengan melakukan pembelajaran sesuai prinsip dan model tuntutan kurikulum. (4) Evaluasi kurikulum menggunakan 2 macam evaluasi yaitu evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar melalui penilaian formatif dan sumatif
id IOS2754.15549
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821669970018304
score 17.538404