Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang
Main Author: | Amalia, Nadia Shovi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/ |
ctrlnum |
15546 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/</relation><title>Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang</title><creator>Amalia, Nadia Shovi</creator><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><subject>375 Curriculums</subject><description>Skripsi ini membahas manajemen kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang. Kajian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah pentingnya sebuah kurikulum full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (2) Pelaksanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (3) Evaluasi kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang berasal dari yayasan pusat daarul qur’an. Kemudian kurikulum tersebut dikelola kembali oleh pihak SD Daarul Qur’an kota Semarang. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum full day school SD Daarul Qur’an kota Semarang hal yang dilakukan pertamakali adalah menyusun kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian di SD Daarul Qur’an kota Semarang menggunakan evaluasi context, input, process, product (CIPP).
Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada SD Daarul Qur’an kota Semarang untuk meningkatkan pengelolaan manajemen yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang, serta mempertahankan prestasi yang didapapat serta mempertahankan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami yang sudah menjadi ciri khas daarul qur’an.</description><date>2020-12-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf</identifier><identifier> Amalia, Nadia Shovi (2020) Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15546</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Amalia, Nadia Shovi |
title |
Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781603036078 |
topic |
371.2 Administrasi sekolah administrasi pendidikan 375 Curriculums |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/ |
contents |
Skripsi ini membahas manajemen kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang. Kajian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah pentingnya sebuah kurikulum full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (2) Pelaksanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (3) Evaluasi kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang berasal dari yayasan pusat daarul qur’an. Kemudian kurikulum tersebut dikelola kembali oleh pihak SD Daarul Qur’an kota Semarang. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum full day school SD Daarul Qur’an kota Semarang hal yang dilakukan pertamakali adalah menyusun kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian di SD Daarul Qur’an kota Semarang menggunakan evaluasi context, input, process, product (CIPP).
Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada SD Daarul Qur’an kota Semarang untuk meningkatkan pengelolaan manajemen yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang, serta mempertahankan prestasi yang didapapat serta mempertahankan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami yang sudah menjadi ciri khas daarul qur’an. |
id |
IOS2754.15546 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-09-12T06:36:42Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821669960581120 |
score |
17.538404 |