Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang

Main Author: Amalia, Nadia Shovi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/
ctrlnum 15546
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/</relation><title>Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang</title><creator>Amalia, Nadia Shovi</creator><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><subject>375 Curriculums</subject><description>Skripsi ini membahas manajemen kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang. Kajian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah pentingnya sebuah kurikulum full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang, (2) Pelaksanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang, (3) Evaluasi kurikulum full day school di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang.&#xD; Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.&#xD; Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang berasal dari yayasan pusat daarul qur&#x2019;an. Kemudian kurikulum tersebut dikelola kembali oleh pihak SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum full day school SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang hal yang dilakukan pertamakali adalah menyusun kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang menggunakan evaluasi context, input, process, product (CIPP).&#xD; Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang untuk meningkatkan pengelolaan manajemen yang ada di SD Daarul Qur&#x2019;an kota Semarang, serta mempertahankan prestasi yang didapapat serta mempertahankan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami yang sudah menjadi ciri khas daarul qur&#x2019;an.</description><date>2020-12-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf</identifier><identifier> Amalia, Nadia Shovi (2020) Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15546</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amalia, Nadia Shovi
title Manajemen kurikulum full day school di SD Daarul Qur'an Kota Semarang
publishDate 2020
isbn 9781603036078
topic 371.2 Administrasi sekolah
administrasi pendidikan
375 Curriculums
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/1/SKRIPSI_1603036071_Nabila%20Shovi%20Amalia_Lengkap%20Tugas%20Akhir.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15546/
contents Skripsi ini membahas manajemen kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang. Kajian yang melatarbelakangi skripsi ini adalah pentingnya sebuah kurikulum full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (2) Pelaksanaan kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang, (3) Evaluasi kurikulum full day school di SD Daarul Qur’an kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumen. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini peneliti menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum full day school yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang berasal dari yayasan pusat daarul qur’an. Kemudian kurikulum tersebut dikelola kembali oleh pihak SD Daarul Qur’an kota Semarang. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum full day school SD Daarul Qur’an kota Semarang hal yang dilakukan pertamakali adalah menyusun kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (3) Evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian di SD Daarul Qur’an kota Semarang menggunakan evaluasi context, input, process, product (CIPP). Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada SD Daarul Qur’an kota Semarang untuk meningkatkan pengelolaan manajemen yang ada di SD Daarul Qur’an kota Semarang, serta mempertahankan prestasi yang didapapat serta mempertahankan kegiatan-kegiatan pembentukan karakter Islami yang sudah menjadi ciri khas daarul qur’an.
id IOS2754.15546
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821669960581120
score 17.538404