ctrlnum 15538
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15538/</relation><title>Manajemen ekstrakulikuler Pramuka dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang</title><creator>Sari, Indry Rachma</creator><subject>369 Miscellaneous kinds of associations</subject><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><subject>371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369</subject><description>Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan perkembangan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Pendidikan bertanggung jawab mewujudkan, memandu serta memupuk minat bakat dan kreativitas seorang anak. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seorang anak secara naluri akan memilih kegiatan yang dirasa mereka menyenangkan bagi diri mereka. Kegiatan ini berfungsi mengembangkan kreativitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis manajemen ektrakulikuler pramuka, serta bagaimana kegiatan pramuka dapat mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Center Baiturrahman Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler pramuka telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan diluar jam belajar mengajar pada sore hari. Dalam strategi mengembangkan kreativitas siswa melalui ektrakurikuler pramuka di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang antara lain : menggunakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, pembina memposisikan diri sebagai penasehat, pendorong, pengarah, dan sekaligus pembimbing dan selalu mendengarkan keinginan siswa, menerapkan konsep &#x201C;Ing Madya Mangun Karsa&#x201D;. Agar dapat berjalan dengan efektif sekolah perlu mejalin hubungan dengan pihak lain, selain itu diperlukan metode-metode dan kegiatan yang variatif agar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa sehingga dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.</description><date>2020-11-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15538/1/1603036054_Indry%20Rachma%20Sari_Full%20Skripsi%20-%20Indry%20Rachma%20Sari%281%29.pdf</identifier><identifier> Sari, Indry Rachma (2020) Manajemen ekstrakulikuler Pramuka dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15538</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sari, Indry Rachma
title Manajemen ekstrakulikuler Pramuka dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang
publishDate 2020
isbn 9781603036054
topic 369 Miscellaneous kinds of associations
371.2 Administrasi sekolah
administrasi pendidikan
371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler
OSIS
dsb.)
Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15538/1/1603036054_Indry%20Rachma%20Sari_Full%20Skripsi%20-%20Indry%20Rachma%20Sari%281%29.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15538/
contents Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan perkembangan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Pendidikan bertanggung jawab mewujudkan, memandu serta memupuk minat bakat dan kreativitas seorang anak. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seorang anak secara naluri akan memilih kegiatan yang dirasa mereka menyenangkan bagi diri mereka. Kegiatan ini berfungsi mengembangkan kreativitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis manajemen ektrakulikuler pramuka, serta bagaimana kegiatan pramuka dapat mengembangkan kreativitas siswa di SMK Islamic Center Baiturrahman Semarang. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler pramuka telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan diluar jam belajar mengajar pada sore hari. Dalam strategi mengembangkan kreativitas siswa melalui ektrakurikuler pramuka di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang antara lain : menggunakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, pembina memposisikan diri sebagai penasehat, pendorong, pengarah, dan sekaligus pembimbing dan selalu mendengarkan keinginan siswa, menerapkan konsep “Ing Madya Mangun Karsa”. Agar dapat berjalan dengan efektif sekolah perlu mejalin hubungan dengan pihak lain, selain itu diperlukan metode-metode dan kegiatan yang variatif agar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa sehingga dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.
id IOS2754.15538
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821669933318144
score 17.538404