Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang
Main Author: | Setyawan, Eko Juni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/ |
ctrlnum |
15523 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/</relation><title>Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang</title><creator>Setyawan, Eko Juni</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><subject>658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)</subject><description>Lembaga Pendidikan yang bermutu ialah lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kriteria 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur Menurut Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, yang kemudian dijabarkan dalam PP No.32 tahun 2013. Peran Teamwork sangat menentukan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah penenlitian ini bagaimana bentuk implementasi manajemen teamwork di MA Uswatun Hasanah Semarang? Bagaimana implikasi manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang? 
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Uswatun Hasanah Semarang mengelola teamwork berbentuk tim perbaikan proses yang dinamakan KKRKM (Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah). penyusunan RKM berguna untuk menentukan program kerja, arah sasaran, dan tujuan madrasah, yang secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Dengan mengelola teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah khususnya pelaksanaan program kerja pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), teamwork melalui tahapan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan). Dengan koordinasi yang baik dari tim, program kerja dapat terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Pihak sekolah sebaiknya tetap membentuk kelompok kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Pada periode selanjutnya.</description><date>2020-03-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf</identifier><identifier> Setyawan, Eko Juni (2020) Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15523</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Setyawan, Eko Juni |
title |
Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang |
publishDate |
2020 |
topic |
297.77 Islamic religious education 371.2 Administrasi sekolah administrasi pendidikan 658.3 Personnel management (Manajemen personalia SDM) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/ |
contents |
Lembaga Pendidikan yang bermutu ialah lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kriteria 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur Menurut Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, yang kemudian dijabarkan dalam PP No.32 tahun 2013. Peran Teamwork sangat menentukan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah penenlitian ini bagaimana bentuk implementasi manajemen teamwork di MA Uswatun Hasanah Semarang? Bagaimana implikasi manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Uswatun Hasanah Semarang mengelola teamwork berbentuk tim perbaikan proses yang dinamakan KKRKM (Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah). penyusunan RKM berguna untuk menentukan program kerja, arah sasaran, dan tujuan madrasah, yang secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Dengan mengelola teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah khususnya pelaksanaan program kerja pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), teamwork melalui tahapan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan). Dengan koordinasi yang baik dari tim, program kerja dapat terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Pihak sekolah sebaiknya tetap membentuk kelompok kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Pada periode selanjutnya. |
id |
IOS2754.15523 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-09-12T06:36:42Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821669885083648 |
score |
17.538404 |