Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang

Main Author: Setyawan, Eko Juni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/
ctrlnum 15523
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/</relation><title>Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang</title><creator>Setyawan, Eko Juni</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan</subject><subject>658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)</subject><description>Lembaga Pendidikan yang bermutu ialah lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kriteria 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur Menurut Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, yang kemudian dijabarkan dalam PP No.32 tahun 2013. Peran Teamwork sangat menentukan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah penenlitian ini bagaimana bentuk implementasi manajemen teamwork di MA Uswatun Hasanah Semarang? Bagaimana implikasi manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang? &#xD; Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Uswatun Hasanah Semarang mengelola teamwork berbentuk tim perbaikan proses yang dinamakan KKRKM (Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah). penyusunan RKM berguna untuk menentukan program kerja, arah sasaran, dan tujuan madrasah, yang secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Dengan mengelola teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah khususnya pelaksanaan program kerja pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), teamwork melalui tahapan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan). Dengan koordinasi yang baik dari tim, program kerja dapat terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Pihak sekolah sebaiknya tetap membentuk kelompok kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Pada periode selanjutnya.</description><date>2020-03-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf</identifier><identifier> Setyawan, Eko Juni (2020) Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15523</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setyawan, Eko Juni
title Manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang
publishDate 2020
topic 297.77 Islamic religious education
371.2 Administrasi sekolah
administrasi pendidikan
658.3 Personnel management (Manajemen personalia
SDM)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/1/SKRIPSI_133311023_EKO_JUNI_SETYAWAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15523/
contents Lembaga Pendidikan yang bermutu ialah lembaga pendidikan yang mampu memenuhi kriteria 8 Standar Nasional Pendidikan yang diatur Menurut Pasal 1 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, yang kemudian dijabarkan dalam PP No.32 tahun 2013. Peran Teamwork sangat menentukan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Adapun rumusan masalah penenlitian ini bagaimana bentuk implementasi manajemen teamwork di MA Uswatun Hasanah Semarang? Bagaimana implikasi manajemen teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Uswatun Hasanah Semarang mengelola teamwork berbentuk tim perbaikan proses yang dinamakan KKRKM (Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah). penyusunan RKM berguna untuk menentukan program kerja, arah sasaran, dan tujuan madrasah, yang secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Semarang. Dengan mengelola teamwork dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah khususnya pelaksanaan program kerja pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), teamwork melalui tahapan pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan, dan pengontrolan). Dengan koordinasi yang baik dari tim, program kerja dapat terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Semarang. Pihak sekolah sebaiknya tetap membentuk kelompok kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Uswatun Hasanah Pada periode selanjutnya.
id IOS2754.15523
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821669885083648
score 17.538404