Manajemen pendidikan berbasis pembelajaran daring di SMK N 2 Songgom Kabupaten Brebes

Main Author: Khaeriyah, Izmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15506/1/SKRIPSI_1603036050_IZMATUL_KHAERIYAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15506/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena perkembangan teknologi informasi komunikasi diera ini telah memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses pengajaran dan pembelajaran. Untuk menunjang pembelajaran akan dilakukan pendigitalisasian agar memungkinkan guru dan siswanya saling berkomunikasi tanpa melakukan tatap muka dikelas. Akibat kurangnya penangan manajemen pembelajaran daring yang dilakukan sekolah, akan mengakibatkan penurunan hasil belajar siswa maupun mutu sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajmenen pendidikan berbasis pembelajaran daring di SMK N 2 Songgom Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data melalui teknik triangulasi dan analisis data. Hasil dari penelitian ini: (1)Perencanaan dengan mengadakan rapat bagi guru untuk penyesuaian sistem pembelajaran baru, pembentukan jadwal pembelajaran, penyusunan RPP daring yang disesuaikan. (2)Pelaksanaan melalui media pembelajaran online yaitu Office 365, WA, Googlemeet, Clasroom dan Zoom, dalam prosesnya guru tidak memberatkan siswa dengan pengurangan waktu pembelajaran yang ditetapkan. (3)Kepala sekolah dan guru mengadakan evaluasi mingguan sesuai keadaan. Untuk evaluasi yang dilakukan guru terhadap siswanya menggunakan Ulangan Harian, PTS dan PAS secara daring. Rekomendasi dalam penelitian ini: (1)Pihak sekolah lebih meningkatkan kinerjannya untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan tercapai. (2)Hendaknya guru lebih memaksimalkan waktu pembelajaran yang sedikit supaya siswa lebih memperhatikan materi pembelajaran. (3)Sekolah dan orang tua hendaknya memberikan motivasi serta dukungan yang baik, sehingga siswa akan semangat minat siap belajar. Dari penelitian penulis menemukan bahwa pihak sekolah mempunyai sistem manajemen pendidikan yang terkoordinir yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasinya dalam pembelajaran daring.