Pengembangan obyek daya tarik wisata Masjid Agung Jawa Tengah prespektif dakwah

Main Author: Jumaila, Sifni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15392/1/1601036011_sifni%20jumaila_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Sifni%20Jumaila.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15392/
Daftar Isi:
  • Penulis Sifni Jumaila, NIM : 1601036011, Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Judul “Pengembangan Obyek Daya Tarik Wisata Masjid Agung Jawa Tengah Prespektif Dakwah”. Penelitian ini bertujuan mengetahui secara jelas obyek daya tarik wisata yang ada di Masjid Agung Jawa Tengah dalam prespektif dakwah dan mengetahui pengembangan obyek daya tarik wisata masjid agung jawa tengah prespektif dakwah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data yang di perlukan peneliti menggunakan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data teori Milles and Huberman yaitu analisis yang terdiri dari 3 alur yang terjadi secara bersamaan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk pengecekan data peneliti menggunakan teknik pengecekan keabsahan data (triangulasi). Penelitian ini untuk mengetahui obyek daya tarik wisata Masjid Agung Jawa Tengah merupakan destinasi wisata religi yang memiliki obyek daya tarik wisata yang mengandung unsur Islami, sejarah dan budaya. Selain daya tarik wisata ada banyak hal lain dari Masjid Agung Jawa Tengah diantaranya metode dakwah yang menggunakan cara virtual maupun langsung, berdagang yang baik menurut Islam, dan menerapkan pelayanan bagi para wisatawan. Pengembangan Masjid Agung Jawa Tengah pada dasarnya ditentukan dari keberhasilan mewujudkan pelayanan yang mengandung unsur-unsur yang Islami, diantaranya meliputi kebersihan, keamanan, kenyamanan, keindahan, kesopanan, dan keramah-tamahan. Pengembangan Obyek wisata Masjid Agung Jawa Tengah merupakan suatu strategi untuk mengimbangi salah satu wisata di semarang, sehingga pengelola Masjid Agung Jawa Tengah memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjung, dan inovasi untuk menambah daya tarik yang sudah ada, sehingga menjadi wisata yang populer yang ada di semarang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan obyek daya tarik wisata Masjid Agung Jawa Tengah prespektif dakwah sangat berpengaruh untuk suatu tempat wisata.