Pengaruh strategi pembelajaran think-pair-share terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Pekalongan

Main Author: Khusniati, Zida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15370/1/1703096014_zida%20khusniati_full%20skripsi%20-%20Zida%20Khusniati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15370/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pra riset adanya pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif dan kurang mandiri dalam mengikuti pembelajaran, guru menyampaikan materi hanya dengan pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa kurang memperhatikan guru dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kurangnya komunikasi antara siswa dengan siswa yang lain yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan nilainya masih ada yang dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi think-pair-share terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Pekalongan Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quisi eksperimental berjenis nonequivalent control group desaign dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Pekalongan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 34 peserta didik dengan kelas IV A terdiri 18 peserta didik sebagai kelas kontrol dan IV B terdiri 16 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas IV A (kelas kontrol) adalah 68,5 sementara kelas IV B (kelas eksperimen) adalah 77,438. Dari analisis data menunjukkan bahwa = 2.1085 dan = 1.6939 dengan taraf signifikan 5%. Jika > maka hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa pemahaman materi siswa menggunakan strategi think-pair-share lebih baik daripada pemahaman materi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran think-pair-share berpengaruh terhadap pemahaman materi siswa.