Efektivitas pendekatan saintifik berbantu media origami terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi energi kelas IV MI Mafatihul Huda Kedung Jepara
Main Author: | Nabilah, Iin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15364/1/133911038_IIN%20NABILAH_LENGKAP%20TUGAS%20AKHIR%20-%20iin%20nabilah%281%29.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15364/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan saintifik berbantu media origami untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV materi energi di MI Mafatihul Huda Kedung Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mafatihul Huda yang terdiri dari dua kelas. Kelas IV A terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dan metode dokumentasi untuk memperoleh jumlah dan nama-nama siswa serta memperoleh data lain. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% thitung = 1,703 dan ttabel = 1, 686. Karena thitung> ttabel, maka hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan saintifik berbantu media origami lebih baik dari pada siswa yang belajar tanpa menggunakan media origami. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen= 71,70 dan kelas kontrol= 67,89. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang menggunakan pendekatan saintifik berbantu media origami dari pada hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media origami pada materi energi kelas IV MI Mafatihul Huda