Nilai–nilai pendidikan karakter dalam kitab syi’ir ngudi susilo karya K.H. Bisri Mustofa

Main Author: Santoso, Panggah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15284/1/SKRIPSI_1403016032_PANGGAH_SANTOSO.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15284/
Daftar Isi:
  • Panggah Santoso (1403016032), Penelitian ini berjudul “Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya K. H. Bisri Mustofa”. Setiap manusia yang lahir ke muka bumi ini pasti memiliki karakter. Karakter menjadi salah ikon terpenting dalam kehidupan manusia. Melihat pentingnya karakter bagi kehidupan generasi penerus bangsa Indoensia, menjadikan pendidikan karakter menjadi pendidikan yang harus diberikan pada siswa mulai bangku sekolah dasar sampai bangku perkuliahan. Pendidikan karakter adalah suatu usaha jelas, sadar dan terencana yang bertujuan agar peserta didik menjadi manusia yang berkarakter dalam dimensi hati, pikiran, raga, serta rasa dan karsa Penelitian ini meneliti tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya Bisri Mustofa. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pemikiran keilmuan tentang keterkaitan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kitab Ngudi Susilo dengan Perpres nomer 87 trahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berbasis penelitian kepustakaan (library reserch). Teknik pengumpulan data dengan cara Mengumpulkan data-data yang ada baik melalui buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitian. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode content analisys dan metode desripsi interpretative Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kitab Ngudi Susilo Karangan KH. Bisri Mustofa mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu pertama, mandiri. kedua, disiplin. ketiga, kerja keras. keempat, semangat. kelima, cinta tanah air. keenam, cinta damai. ketujuh, tanggung jawab. kedelapan, jujur. kesembilan, gemar membaca. kesepuluh, taat. kesebelas, beradab. keduabelas, ta’dzim. ketigabelas, qona’ah. keempatbelas, kasih sayang. kelimabelas, sadar diri. keenambelas, sabar. ketujuhbelas, adil. kedelapanbelas, tawadlu. kesembilanbelas, ahli dzikir. Penelitian ini memberikan saran kepada dunia pendidikan, guru dan penelitan selanjutnya. Kepada dunia pendidikan sarang yang diberikan adalah nilai-nilai karakter yang pada kitab Ngudi Susila dapat dijadikan acuan dan merancang kurikulum dalam pendidikan karakter peseta didik. Kepada Guru saran yang diberikan adalah guru dapat mejalin komunikais yang baik dengan orang tua siswa untuk bersama-sam memantau karakteristik dan perkembangan peserta didik. Kepada penelitian selanjutnya saran yang diberikan adalah hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian yang lebih operasional yang dapat dijadikan acuan dalam pendidikan di zaman serba modern saat ini.