Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi: studi kasus mahasiswa akuntansi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Main Author: | Khasanah, Rohmahtun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15229/1/1505046019_ROHMAHTUN%20KHASANAH_FULL%20SKRIPSI%20%281%29%20-%20young%20hijab%20Traveler.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15229/ |
Daftar Isi:
- Persepsti Etis Mahasiswa Akuntansi merupakan suatu proses penginterpretasian dari mahasiswa akuntansi terhadap peristiwa etis yang terjadi. Dengan adanya kejadian yang terjadi diharapkan mahasiswa mampu memberikan tanggapan suatu tindakan tersebut etis atau tidak. persepsi mahasiswa akuntansi diukur dengan menanyakan pendapat mereka mengenai tindakan yang dilakukan seseorang dalam skenario yang disajikan berkaitan dengan kejadian etis. Penelitian yang saya teliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2), dan sedangkan variabel dependennya adalah persepsi etis mahasiswa akuntansi (Y). pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Uji Asumsi klasik menggunakan normalitas, linieritas, heteroskedastisitas, multikolinearitas. uji hipotesis sendiri menggunakan analisis regresi berganda. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Dalam penelitian ini, sebanyak 60 responden Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi etis. (2) Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap persepsi etis. (3) Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Isalam Negeri Walisongo Semarang